Social Networking Site (SNS) atau biasa disebut juga jejaring sosial didefinisikan sebagai suatu layanan berbasis web yang memungkinkan setiap individu untuk membangun hubungan sosial melalui dunia maya seperti membangun suatu profil tentang dirinya sendiri, menunjukkan koneksi seseorang dan memperlihatkan hubungan apa saja yang ada antara satu member dengan member lainya dalam sistem yang disediakan, dimana masing-masing social networking site memiliki ciri khas dan sistem yang berbeda-beda, beberapa contoh Social Networking Site diantaranya MySpace, Facebook, blog,kaskus, skype, twitter, dll. Fungsi dari penerapan Social Networking Site itu sendiri berfokus pada koneksi yang akan dibangun oleh satu orang dengan orang lainnya, dimana dapat berupa hubungan sahabat, keluarga, seks, event, profesi hingga bisnis dan pekerjaan (Boyd & Ellison, 2007).
Sejarah
Sekarang ini
hampir semua orang memiliki akun Facebook. Mungkin juga beberapa orang memiliki
akun LinkedIn, MySpace atau Friendster. Website ini semuanya termasuk kategori
jasa social network. Pernahkan Anda bertanya-tanya bagaimana asal muasal
layanan social network ini? Bagaimana bentuknya pada masa awal-awal
Internet?
Pada masa awal tahun 90-an, website komunitas yang terkenal adalah Theglobe.com, Geocities.com dan Tripod.com. Website ini menawarkan jasa pemasangan website secara gratis dengan harapan user akan memasang website berisi profil pribadi mereka dan orang-orang dapat saling berkenalan melalui jasa chat room.
Pada akhir 90-an, fitur yang ditawarkan sudah lebih dimantapkan. Misalnya fitur untuk mencari teman dan memanajemen daftar teman. Contoh website-website yang memiliki fitur demikian misalnya SixDegrees.com (1997), Friendster(2002) dan MySpace (2003).
Tedapat
perbedaan antara masa awal 90-an dan masa akhir 90-an. Pada masa ketika
orang-orang masih menggunakan Geocities.com atau Tripod.com orang-orang tidak
saling berkenalan di dunia nyata. Mereka cenderung menggunakan nickname, gambar
orang lain, informasi tidak benar yang artinya identitas jelasnya tidak
diketahui. Sedangkan di masa-masa akhir 90-an orang-orang berkenalan di dunia
nyata dan mereka menggunakan service sosial network untuk saling terhubung di
dunia maya. Mereka menggunakan nama asli, foto pribadi dan informasi-informasi
menjelaskan dirinya. Jonathan Abrams, pembuat Friendster, merupakan orang yang
menggagas ide ini dan berhasil membuat konsep ini terkenal.
Siapa Sebetulnya Yang Paling Pertama??
Untuk menjawab siapakah social networking service yang paling pertama sebenarnya cukup rumit. Karena definisi social network service yang cukup umum. Tetapi dari hasil penelusuran saya, jawabannya sudah pasti bukan Friendster, walaupun Friendster-lah yang mempopulerkan konsep untuk mengkoneksi teman-teman dunia nyata di dunia maya.
Pada tahun 70-an, di sebuah jalan Berkeley California terdapat sebuah toko yang bernama Leopold’s Records. Lee Felsentein, seorang mantan ilmuwan komputer, bersama rekannya meletakkan sebuah terminal komputer disebelah papan buletin musisi (seperti majalah dinding tetapi ini lebih mengenai musik). Mereka kemudian mengundang orang yang lalu-lalang di jalanan, yang kebetulan kebanyakan adalah mahasiswa, untuk mencoba mengetik pesan ke dalam komputer (daripada menulis di papan buletin).
Masa-masa itu, orang-orang yang tidak ada kaitan dengan ilmu komputer tidak diperbolehkan mendekati mesin komputer. Oleh karenanya, mereka awalnya meragukan orang-orang akan mencoba komputer karena bagaimanapun ini sangat tidak sesuai kebiasaan. Ternyata Felsentein salah, orang-orang ketika ditawarkan kesempatan untuk mengetik di komputer, langsung menunjukkan ketertarikannya. Sehingga akhirnya komputernya pun penuh dengan pesan-pesan mulai dari puisi-puisi, kutipan-kutipan sampai diskusi mencari apartemen atau mobil dan membeli donat. Dan akhirnya orang-orang pun mulai jarang menggunakan papan buletin itu lagi.
Servis ini dikenal dengan nama Community Memory, merupakan BBS publik paling pertama. Awalnya Community Memory dibuat untuk tujuan sharing informasi mengenai topik-topik tertentu. Tetapi lama kelamaan, akhirnya menjadi pusat pertukaran informasi. Karena Community Memory mampu mengumpulkan orang-orang dan memungkinkan mereka saling berhubungan dan berinteraksi maka Community Memory bisa dikategorikan sebagai social network. Dan karena dia muncul di awal tahun 1973, maka dia bisa menjadi salah satu kandidat terbaik sebagai layanan social network paling pertama.
Demikianlah layanan social network paling pertama versi saya. Apakah Anda mengetahui ada yang lebih awal lagi? Silahkan share dan komen di blog ini.
Layanan Jejaring Sosial
Masa-masa itu, orang-orang yang tidak ada kaitan dengan ilmu komputer tidak diperbolehkan mendekati mesin komputer. Oleh karenanya, mereka awalnya meragukan orang-orang akan mencoba komputer karena bagaimanapun ini sangat tidak sesuai kebiasaan. Ternyata Felsentein salah, orang-orang ketika ditawarkan kesempatan untuk mengetik di komputer, langsung menunjukkan ketertarikannya. Sehingga akhirnya komputernya pun penuh dengan pesan-pesan mulai dari puisi-puisi, kutipan-kutipan sampai diskusi mencari apartemen atau mobil dan membeli donat. Dan akhirnya orang-orang pun mulai jarang menggunakan papan buletin itu lagi.
Servis ini dikenal dengan nama Community Memory, merupakan BBS publik paling pertama. Awalnya Community Memory dibuat untuk tujuan sharing informasi mengenai topik-topik tertentu. Tetapi lama kelamaan, akhirnya menjadi pusat pertukaran informasi. Karena Community Memory mampu mengumpulkan orang-orang dan memungkinkan mereka saling berhubungan dan berinteraksi maka Community Memory bisa dikategorikan sebagai social network. Dan karena dia muncul di awal tahun 1973, maka dia bisa menjadi salah satu kandidat terbaik sebagai layanan social network paling pertama.
Demikianlah layanan social network paling pertama versi saya. Apakah Anda mengetahui ada yang lebih awal lagi? Silahkan share dan komen di blog ini.
Layanan Jejaring Sosial
Sampai saat ini banyak sekali layanan yang ditawarkan jejaring sosial untuk kita sebagai membernya, Sekarang hampir semua jejaring sosial mempunyai layanan yang mirip satu sama lain. Jika dulu mempunyai ciri khas masing-masing, misalnya friendster dulu hanya bisa menulis post saja tapi sekarang bisa juga menggunakan fasilitas chat seperti facebook. tapi masih ada juga yang tetap menjaaga ciri khasnya seperti twitter, di twitter khas sekali layanannya dan identik dengan "@".
Semua orang bisa mendapatkan layanan jejaring sosial ini dengan
gratis dan biasanya hanya cukup dengan mendaftarkan email ke jejaring sosial
tersebut. Pada zaman sekarang semua orang hampir tidak pernah lepas dari
layanan jejaring sosial karena tidak dapat dipungkiri lagi layanan jejaring sosial
ini sangat efektif untuk menambah teman dan juga supaya kita terlihat
"gaul". layanan tersebut bermacam-macam sekali, jika dulu layanan ini
hanya sebatas untuk saling menulis di jejaring tersebut dan member lain bisa
berkomentar tapi sekarang lebih banyak digunakan untuk "update
status". Dan bukan hanya personal saja yang menggunakan layanan ini
melainkan perusahaan, pendidikan, pemerintah, dll pun sekarang sudah
mengguanakan layanan dari jejaring sosial untuk lebih memajukan bidangnya masing.
Nah, menurut saya organisasi yang menggunakan jejaring sosial seperti ini
sangat memudahkan sekali untuk mendapat info yang kita butuhkan karena biasanya
kita diperbolehkan untuk berkomentar dan mengeluarkan aspirasi kita.
Situs Jejaring Sosial
Layanan web jejaring sosial kini menjadi bagian integral bagi masyarakat modern umumnya dan penduduk internet khususnya. Ada banyak sekali layanan web jejaring sosial di luar sana. Mungkin jejaring sosial terkenal oleh orang Indonesia hanyalah Twitter, Facebook, MySpace, dan mungkin Google+. Sebenarnya banyak sekali jejaring sosial di luar sana dan masing-masing memiliki segmen masyarakat sendiri. Berikut adalah beberapa jejaring sosial yang terkenal alias populer.
Siapa yang tak kenal dengan situs ini. Logonya pun kini banyak dipasang di iklan produk mana pun. Semua kalangan pun dari semua jenjang setidaknya pernah mendengar jejaring sosial paling terkenal ini. Semua orang tahu sehingga tidak perlu dibahas banyak-banyak.
Facebook adalah situs jejaring sosial paling populer saat ini dengan 900 juta pengunjung berbeda setiap bulan. Situs ini diprakarsai oleh Mark Zuckerberg , Eduardo Saverin , Dustin Moskovitz , dan Chris Hughes pada tahun 2004. Facebook tergolong situs jejaring sosial yang umum. Tidak dikhususkan untuk suatu relasi sosial tertentu. Minimal umur untuk bisa menikmati layanan Facebook adalah 13 tahun.
Twitter memiliki pengunjung hingga 300 juta orang setiap bulannya. Termasuk pemain baru, Twitter langsung melejit menjadi situs jejaring sosial terkenal kedua di dunia. Banyak yang menggemari Twitter karena ringkas dan sangat cepat dalam "update" informasi. Twitter memang berfokus pada layaan blogging mikro (microblogging) dan RSS untuk pesebaran informasi. Ia sering disebut-sebut sebagai “SMS-nya internet”. Bahkan ada iklan yang mengatakan bahwa Twitter lebih cepat dari gempa .
Twitter dibangun oleh Jack Dorsey , Noah Glass , Evan Williams , dan Biz Stone pada 15 Juli 2006. Tingkat pertumbuhan Twitter sangat luar biasa. Setahun setelah meluncur terdapat lebih dari 400.000 tweet yang lewat dalam layanan Twitter. Jumlah ini berlipat ganda hingga 100 juta tweet di tahun 2008. Kini rata-rata tweet harian Twitter adalah 340 juta tweet per hari. Logo situs ini pun selalu bersanding di samping logo Facebook pada setiap iklan produk dan promo acara, menunjukkan betapa terkenalnya situs jejaring sosial ini.
- Linkedln
- Myspace
Myspace bisa dibilang adalah situs yang mempopulerkan layanan jejaring sosial dan biasa disebut Mbahnya jejaring sosial. Jejaring sosial menjadi terkenal berkat Myspace. Memang, Myspace pernah menjadi situs jejaring sosial paling populer sekitar tahun 2006 dan bahkan melebihi situs pencarian Google pada jumlah pengunjung bulanan. Pada waktu itu dihargai hingga sampai $580 juta. Sekarang kondisi Myspace sangat buruk bahkan katanya pengunjung bulanannya lebih rendah dari situs jejaring sosial kurang terkenal Tagged. Jumlah pengguna Myspace sekarang sekitar 100 juta orang. Myspace sekarang dihargai sekitar $12 juta.
MySpace bersifat umum sama seperti Facebook. Semua bisa mendaftar asal mengaku berumur minimal 13 tahun. Myspace dibangun oleh Chris DeWolfe dan Tom Anderson pada tahun 2003.
- Google+
Google+ bisa dibilang merupakan jejaring sosial paling anyar. Meluncur pada 28 Juni 2011, kini pengguna Google+ sudah mencapai 170 juta orang . Google+ banyak digemari orang karena fitur barunya Circle dan Hangout yang memudahkan orang mengatur komunikasi dan berinteraksi dengan video. Sebelum peluncurannya, Google+ disebut-sebut sebagai pesaing berat Facebook. Pada awal peluncuran, Google+ pun menerima sangat banyak permintaan undangan. Peluncurannya sangat dinanti orang dan sangat terkenal di kalangan techy. Akan tetapi, menurut hasil survey Mashable pada Februari tahun ini, rata-rata waktu orang tinggal di Google+ hanya sekitar 3 menit per bulan dibanding Facebook 7,5 jam per bulan.
Google+ merupakan usaha Google ke sekian kalinya dalam dunia jejaring sosial. Beberapa produk jejaring sosial google sebelumnya adalah Buzz, Wave, dan Health. Kini Google+ menjadi seperti pemersatu dari seluruh layanan tersebar yang dimiliki Google.
5 situs tersebut merupakan situs jejaring sosial yang paling favorit dan paling banyak digunakan. banyak juga situs jejaring sosial dalam negeri yang mulai terkenal seperti kaskus, koprol, salingsapa, dll. Dari sekian banyak jejaring sosial tersebut facebook, twitter, dan kaskus merupakan favorit saya. bagaimana dengan anda? silahkan sebutkan jejaring sosial favorit anda pada kolom komentar blog ini
Dampak positif dan Negatif Jejaring Sosial
Dengan adanya jejaring sosial ini bukan hanya dampak positif
saja yang bisa diambil, tapi juga menimbulkan dampak negatif.
Dampak Positif
- Dengan adanya situs jejaring
sosial, proses sosialisasi dapat dilakukan dengan mudah, karena jejaring
sosial menyediakan sarana pertukaran informasi yang cepat,tepat dan mudah
bagi para penggunanya.
- Bisa dimanfaatkan sebagai
sarana untuk berbisnis, misalnya untuk menawarkan product yang ingin
dijual.
- Komunikasi menjadi lebih
mudah karena sudah tidak dibatasi oleh jarak dan biaya yang mahal
- Bisa menimbulkan
ketergantungan terhadap teknologi.
- Makin maraknya Cyber
Crime.
http://dokotheo.wordpress.com/2010/11/03/konsep-social-networking-site-sns/
http://www.computesta.com/blog/2011/05/sejarah-layanan-social-network/#.UKMnBuH9EXg
http://albadrln.wordpress.com/2012/06/01/jejaring-sosial-populer/
0 komentar:
Post a Comment